Kamis, 17 April 2014 - 16 Jumadil Akhir 1435 H 11:31:55 WIB
PRO SUMBAR

Pemkab Buka Pendaftaran Magang ke Jepang

Padang Ekspres • Rabu, 19/10/2011 12:57 WIB • (sih) • 526 klik

Solsel, Padek—Kabar gembira bagi pemuda asal Solok Selatan. Pemkab setempat melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) hingga kini masih membuka kesempatan mendaftar magang ke Jepang.


Para angkatan kerja yang berminat untuk mengikuti program tersebut, tidak dikenakan biaya alias gratis. Akan tetapi, mesti mengikuti seleksi administrasi dengan syarat dan prosedur yang telah ditentukan. Sekretaris Dinsosnakertrans Solsel Suwirman mengatakan, program magang ke  negeri Sakura itu merupakan MoU antara pemerintah Indonesia dan Jepang. Selanjutnya setiap provinsi menyerahkan daerah untuk membuka pendaftaran dan melakukan tes tahap pertama, yakni seleksi admistrasi. Kalau tes ke dua akan dilakukan di provinsi.


”Sampai sekarang kita masih membuka kesempatan bagi yang berminat untuk datang mendaftar ke Dinsosnakertrans,” ungkap Uncu sapaan akrabnya, Selasa (18/10).


Menurutnya, hingga kini belum ada informasi mengenai batasan pembukaan pendaftaran. Uncu memperkirakan, kemungkinan hingga akhir 2011, jadwal pendaftaran masih berlangsung.


Kasi Penempatan TKI Dinsosnakertrans, Tommy Fernandes merinci, syarat-syarat pendaftaran antara lain berusia minimal 20 tahun dan maksimal 26 tahun (per 31/12/2011). Tinggi badan minimal 160 cm dan berat badan ideal. Tidak boleh terdapat bekas tato, tidak berkacamata, gigi palsu dan belum pernah operasi. Ijazah yang dikantongi adalah lulusan SMK sederajat. Siswa tamatan SMA sederajat juga tetap diberi peluang, tapi dengan syarat pernah mengikuti suatu keterampilan yang diselenggarakan suatu lembaga.


“Misalnya keterampilan otomotif. Untuk kuota penerimaan tidak ada batasan,” terang Tommy.
Sejak pendaftaran dibuka, telah 20 orang mendaftar. Setelah lulus tes tahap pertama, maka berhak mengikuti tes tahap dua yang akan diselenggarakan di Padang. Tes tahap dua mengenai fisik dan kemampuan matematika. Setelah itu, ikut seleksi akhir di Bandung selama tiga bulan. Selama mengikuti tahapan tes, gratis. Bila lulus maka peserta berhak mengikuti magang ke Jepang selama tiga tahun. (sih)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita
Rabu, 19/10/2011 - Jam 15:30 WIB
apakah lulusan SMK KELAUTAN bisa ikut sleksi juga


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!