Minggu, 20 April 2014 - 19 Jumadil Akhir 1435 H 02:33:35 WIB
BERITA DAERAH

Kota Payakumbuh

Rayakan Idul Fitri dengan Sederhana

Shalat Ied di Jalan Soedirman

Padang Ekspres • Berita Agama • Sabtu, 27/08/2011 12:55 WIB • (frv) • 275 klik

Payakumbuh, Padek—Hari Raya Idul Fitri, pengembalian fitrah manusia ke asalnya, yakni kesucian karena telah melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Karena itu, rayakanlah Idul Fitri dengan penuh kesederhanaan dan saling berbagi antara sesama manusia.


Demikian disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Payakumbuh Hasan Basri, Ketua MUI Limapuluh Kota Syafrijon Azwar, Pimpinan Muhammadiyah H Asril Syamsu, Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain, dan Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, ketika dihubungi Padang Ekspres secara terpisah, Jumat (26/8).


Kelima tokoh mengingatkan  agar kedatangan Idul Fitri disambut dengan penuh kebahagiaan dengan menggemakan takbir.  Gema takbir dapat dilakukan di masjid-masjid atau mushalla dengan tertib. Kegiatan ini termasuk syiar agama dan sangat dianjurkan sebagai penyempurnaan puasa dengan bertakbir.


Perayaan Idul Fitri juga diharap tidak dengan pemborosan atau berbelanja dengan berbagai keinginan yang terkadang kurang bermanfaat. Lebih baik, memberikan  sedekah di akhir Ramadhan, agar orang-orang yang belum beruntung atau hidup dalam kekurangan, dapat merayakan Idul Fitri tanpa harus mencari nafkah di hari kemenangan tersebut.


Kelima tokoh juga mengatakan, Ramadhan berakhir, semestinya menjadikan manusia lebih terasah ketakwaan maupun intelektualnya. Karenanya, setelah Ramadhan kiranya orang-orang yang berpuasa semakin tinggi semangat beribadah maupun aktivitas sosial terhadap lingkungan, termasuk bersedekah sebagaimana dilaksanakan saat bulan Ramadhan.


Pelaksanaan shalat Idul Fitri di Payakumbuh sendiri akan dipusatkan di Jalan Soedirman dan Jalan Soekarno-Hatta atau sekitar Tugu Adipura, Selasa (30/8) mendatang.
Adapun yang menjadi Khatib shalat Ied adalah Ketua Bidang Fatwa MUI Sumbar DR H Gusrizal Gazahar MA.
Sedangkan imam diamanahkan kepada Idham Khalik, juara pertama  MTQ antar-Korem se Indonesia 2011.


“Shalat Ied di Payakumbuh dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.  Setelah shalat dilaksanakan,Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain dan Wawako Syamsul Bahri, menerima warga kota  berlebaran di  rumah dinas  mereka masing-masingm,” ujar Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI)  Payakumbuh H Syafruddin dan Kepala Bagian Humas Jhon Kennedi, Jumat (26/8). (frv)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!