Jum'at, 25 April 2014 - 24 Jumadil Akhir 1435 H 14:39:21 WIB

Eddy Surohadi, Pelatih Olahraga Pernapasan Tetada Indonesia

Latih Bodyguard Calon Presiden

Padang Ekspres • Jumat, 19/08/2011 15:01 WIB • (jpnn) • 3989 klik

Olah pernapasan:  Ribuah murid Tetada se Indonesia latihan pernapasan di kawasan

Nama Eddy Surohadi begitu lekat dengan olahraga seni pernapasan Tetada Indonesia. Selama 20 tahun bapak tiga anak itu mengembangkan dan menginternasionalkan olahraga tersebut. Yang terbaru, Tetada Indonesia kini digunakan untuk dasar seni bela diri internasional, eskrima.


Di usia kisaran 58 tahun, Eddy Surohadi terlihat energik. Siang itu Eddy berlatih seni pernapasan yang sudah 20 tahun dia kembangkan. Yaitu, terapi tenaga dalam (Tetada Indonesia). ”Sekarang namanya bukan lagi Tetada Kalimasada, tetapi Tetada Indonesia. Agar di dunia internasional tetap mengedepankan Indonesia-nya,” tutur Eddy.


Memang, Eddy selama ini terobsesi menjadikan Tetada Indonesia go international. Sebenarnya, sejak akhir 90-an olahraga itu berkembang di luar Indonesia. Salah satunya, berdirinya cabang di Wina, Austria, dan be berapa kota di Filipina.


Nah, sejak masuk di Filipina sekitar 1998, perkembangan Tetada Indonesia diakui Eddy sangat luar biasa. Cabang latihan Tetada Indonesia ada di beberapa kota di Filipina. Di antaranya, di Manila dan Cebu City.


Menurut dia, antusiasme masyarakat di Filipina terhadap Tetada Indonesia terjadi setelah stasiun televisi CNN menayangkan aksi tenaga dalam anggota Tetada Indonesia di sebuah perguruan tinggi di Bandung.


”Dari situ anggota di Filipina terus bertambah. Termasuk, dari kalangan ahli seni bela diri di sana,” jelas pria yang pernah me ngenyam pendidikan perkapalan di ITS tersebut. Salah seorang ahli bela diri terkenal Filipina yang menjadi anggota Tetada Indonesia ialah Dr Silvano Maranga. Bersama Maranga, Eddy mengembangkan Tetada Indonesia di Filipina.  (jpnn)

[ Red/Redaksi_ILS ]

Komentar Berita
Kamis, 12/04/2012 - Jam 19:52 WIB
apakah ada cabangnya di daerah Solo atau Jogja?
Dari : ashadi
Jumat, 24/02/2012 - Jam 22:22 WIB
saya sangat tertarik, dimana alamt yg terdekat dengan cilacap jawa tengah ? trima kasih
Sabtu, 14/01/2012 - Jam 20:12 WIB
saya bermninat, apakah ada cabang di Malaysia , saat ini saya bekerja di Kuantan malaysia

Terima kasih
Dari : ima
Selasa, 10/01/2012 - Jam 18:00 WIB
Bagi yang belum pernah mengikuti olah raga ini silahkan mencoba, insya Allah akan membuat kita lebih sehat, bisa membantu mengendalikan emosi.
Semoga Pak Eddy dan Ibu Ida selalu sehat, juga seluruh Peserta Senam Kalimasada di seluruh dunia
Dari : HARRY
Sabtu, 03/12/2011 - Jam 10:33 WIB
CARI ALAMAT TETADA DI BANDUNG SUSAH BANGET YA!!!!!BISA BANTU MINTA ALAMAT DI BANDUNG?


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Menunda Akuisisi BTN

MASIH teringat dari layar TV, wajah Budi Gunadi Sadikin semringah sepekan lalu. Kegembiraan bos Bank Mandiri yang baru berumur 40 tahun itu disebabkan terwujudnya impian yang dia idam-idamkan sejak lama. Yakni, mem­bawa bank yang dipimpinnya menjadi salah satu bank yang patut diperhitungkan di kancah ASEAN.

Butuh Listrik

Yth. Bapak kepala PLN...Kapan kampung kami (Kabupaten Pessel, Kecamatan Sutera Kenagarian Koto Nan 3 Selatan) akan dialiri listrik, padahal kampung kami bukan kampung terpencil..kami sekampung sangat berharap perhatian dan tindak lanjut dari bapak. Atas perhtian Bapak kami skmpg mengucapkan terima kasih. Wassalam.

Jumat ,25 April 2014

Perempuan Berpeluang Pimpin DPRD

Agiah lo kesempatan yang baru-baru ko lai.............................!

 

Puluhan Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

Jan sampai ndak panen lo Pak, ka kida suok beko...............................!

 

Korban Gigitan Musang Meninggal

Inalilallahi, awak ikuik baduka pak.................................................!