Jum'at, 18 April 2014 - 17 Jumadil Akhir 1435 H 09:58:31 WIB
RAKYAT SUMBAR

Solsel Kekurangan 393 Guru

Padang Ekspres • Senin, 06/05/2013 13:31 WIB • REDAKSI • 644 klik

Solsel, Padek—Kabupaten So­lok Selatan masih keku­ra­ngan 393 orang tenaga guru. Kekurangan itu dika­renakan jumlah pene­rimaan lebih kecil daripada jumlah guru yang pensiun. Me­nyia­sati ke­k­u­rangan guru, Dinas Pen­di­dikan Solsel dan pihak sekolah memaksimalkan gu­ru honor.

 

Kepala Dinas Pendidikan Solsel, Fidel Effendi me­nye­butkan, kekurangan terus terjadi dan bertambah setiap tahun. “Jumlah guru yang pensiun setiap tahun terus bertambah, sedangkan pe­nam­bahan tidak ada sejak moratorium penerimaan PNS oleh pemerintah pusat dua tahun lalu,” kata Fidel.

 

Data Disdik Solsel, jum­lah guru di Solsel sebanyak 2.285 orang. Dari jumlah itu, guru SD masih kurang 225 orang, SMP membutuhkan 85 orang, SMA 47 orang, dan SMK 36 orang.

 

Fidel mengaku telah me­mutasi para guru agar terjadi pemerataan, mengangkat guru sukarela untuk mengisi kekosongan tenaga pengajar.

 

“Tenaga sukarela ini digaji sekolah. Ada yang melalui dana BOS dan dari komite sekolah,” paparnya.

 

Menurut Fidel, tidak mera­tanya penyebaran guru serti­fikasi dapat menjadi kendala dalam peningkatan kualitas pendidikan. Apalagi, banyak guru yang mengajar di daerah terpencil minta dipindaht­u­gaskan ke pusat pemerintahan. 

 

“Guru sertifikasi memang belum maksimal dalam upaya peningkatan kualitas dan di­siplin. Mereka perlu men­dapat­kan sosialisasi pening­katan kompetensi dan pem­bi­naan guru,” imbuhnya. (mg20)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Presiden Baru, Pesawat Baru

AKHIRNYA Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Pesawat jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2) 737-800 kebiru-biruan itu kini sudah parkir di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta. Momentum datangnya pesawat kepresidenan itu juga tepat, yakni saat Indonesia menghadapi suksesi kepemimpinan. Pesawat yang memiliki rentang sayap 35,79 meter, tinggi 12,50 meter, dan panjang 38 meter tersebut akan dinikmati presiden ketujuh Republik Indonesia.

TNKB Belum Tersedia

Direktorat Lalulintas Polda Sumbar minta maaf atas belum tersedianya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Kalau nanti TNKB sudah dikirim dari Korlantas Mabes Polri, pemilik kendaraan bermotor tidak perlu lagi membeli, sehubungan sewaktu membayar pajak perpanjangan STNK dan kendaraan baru sudah dibayar. Sekaitan dengan hal tersebut seluruh anggota Polantas di Polda Sumbar tidak perlu mempermasalahkan ada TNKB yang mati.

Selasa, 15 April 2014

Caleg Cemas Dicurangi

Indak usah dicamehan lai, Pak.......................!

 

Apoteker masih Terabaikan

Jan lo sampai tebang pilih, Pak.......................................!

 

UN Dipantau CCTV

Tapi baa kok bisa juo siswa caliak kunci jawaban tu, Pak.....................!