Kamis, 24 April 2014 - 23 Jumadil Akhir 1435 H 19:52:20 WIB
RAKYAT SUMBAR

Solsel Kekurangan 393 Guru

Padang Ekspres • Senin, 06/05/2013 13:31 WIB • REDAKSI • 648 klik

Solsel, Padek—Kabupaten So­lok Selatan masih keku­ra­ngan 393 orang tenaga guru. Kekurangan itu dika­renakan jumlah pene­rimaan lebih kecil daripada jumlah guru yang pensiun. Me­nyia­sati ke­k­u­rangan guru, Dinas Pen­di­dikan Solsel dan pihak sekolah memaksimalkan gu­ru honor.

 

Kepala Dinas Pendidikan Solsel, Fidel Effendi me­nye­butkan, kekurangan terus terjadi dan bertambah setiap tahun. “Jumlah guru yang pensiun setiap tahun terus bertambah, sedangkan pe­nam­bahan tidak ada sejak moratorium penerimaan PNS oleh pemerintah pusat dua tahun lalu,” kata Fidel.

 

Data Disdik Solsel, jum­lah guru di Solsel sebanyak 2.285 orang. Dari jumlah itu, guru SD masih kurang 225 orang, SMP membutuhkan 85 orang, SMA 47 orang, dan SMK 36 orang.

 

Fidel mengaku telah me­mutasi para guru agar terjadi pemerataan, mengangkat guru sukarela untuk mengisi kekosongan tenaga pengajar.

 

“Tenaga sukarela ini digaji sekolah. Ada yang melalui dana BOS dan dari komite sekolah,” paparnya.

 

Menurut Fidel, tidak mera­tanya penyebaran guru serti­fikasi dapat menjadi kendala dalam peningkatan kualitas pendidikan. Apalagi, banyak guru yang mengajar di daerah terpencil minta dipindaht­u­gaskan ke pusat pemerintahan. 

 

“Guru sertifikasi memang belum maksimal dalam upaya peningkatan kualitas dan di­siplin. Mereka perlu men­dapat­kan sosialisasi pening­katan kompetensi dan pem­bi­naan guru,” imbuhnya. (mg20)

[ Red/Administrator ]

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama
*dibutuhkan
e-Mail
*dibutuhkan
Komentar
Security Code

Kacamata Kuda KPK

KRITIK dan pujian selalu datang bersamaan setiap kali Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat ”kejutan” baru. Termasuk ketika menetapkan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo sebagai ter­sangka dalam kasus pajak yang terjadi pada 2004.

Belum Terima Elpiji

YTH bapak Wali Kota Padang yang baru. Kami warga RW 6, Guo Kuranji sampai sekarang belum menerima paket gas elpiji 3 Kg. Tolong di percepat karena minyak tanah harganya sudah naik.

Kamis ,24 April 2014

Tunggu SK Mendagri

Lai ndak ka ta undur lo tu Pak, dek KPK lah manyasar Mendagri lo..........!

 

14 Warga Digigit Anjing Gila

Iah gawat mah pak,lai aman Pak..................................................?

 

UN SLTP, Padang Target Jawara

semoga lah pak, asa ndak pakai jimat se.....................................!